Jumat, 05 Juni 2020

Tata Surya Memiliki Banyak Planet

Sebelum tahun 2006, jumlah planet yang ada didalam tatasurya kita sebanyak 9 planet, yang terdiri dari Markurius sampai, namun pada tahun 2006 junlah planet kita berkurang menjadi 8 dengan di pertimbangkanya Pluto sebagai sebuah planet karena jaraknya yang terlalu jauh dan ukuranya yang kecil. Sehingga terdapat penetapan baru yaitu Pluto dicanangkan sebagai planet kerdil bersama dengan Planet Ceres, Haumea, Makemake dan Eris.


Namun muncul beberapa pertanyaan terkait tatasurya Kita, Salah satunya adalah apa fungsi adanya planet?, mengapa banyak planet di tatasurya namun tidak dapat di huni oleh manusia?. Terlebih lagi dengan beberapa orang mengaitkan dengan agama yaitu Allah menciptakan sesuatu pasti ada hikmahnya.

Apabila kita ulas pelajaran Sekolah Dasar yaitu setiap planet memiliki rotasi dan revolusinya masing-masing. Fungsi dari adanya planet di tatasurya dapat kita kaitkan dengan dua teori tersebut. Fungsi dari adanya planet yaitu sebagai barier kehidupan di Bumi, selain itu mempelajari luasnya tatasurya ini akan membuat manusia sadar bahwa sesungguhnya mereka hanyalah butiran kecil dari bagian tatasurya.

Adanya planet-planet akan mengurangi resiko terjadinya tabrakan asteroid ke bumi, Hal ini dapat dikaitkan dengan grafitasi dan revolusi planet. Setiap planet memiliki gravitasi yang dapat di jabarkan sebagai berikut:
Merkurius : 3,7 m/s
Venus : 8,87 m/s2
Bumi : 9,780327 m/s
Mars : 3,69 m/s
Jupiter : 24,79 m/s
Saturnus : 8,96 m/s
Uranus : 8,69 m/s
Neptunus : 11.15 m/s

Nah, untuk lebi jelasnya simak video di bawah ini :





0 komentar:

Posting Komentar